Posted on

bayar BPJS Lewat Mobile Banking BRI

Membayar tagihan bulanan BPJS sekarang sudah bisa lebih mudah secara online. Ada banyak platform yang menyediakan layanan pembayaran tagihan BPJS tersebut. Salah satunya adalah melalui Mobile Banking BRI atau yang dikenal dengan sebutan BRIMO.

Pembayaran tagihan BPJS melalui BRIMO ini bisa dibilang sangat mudah dan praktis, kamu tidak perlu lagi antre untuk sekedar membayar tagihan. Namun, pastikan sisa saldo di rekening BRI milikmu mencukupi untuk melakukan pembayaran tagihan tersebut. Selain itu, pastikan kode BPJS yang dimasukkan benar sebelum melanjutkan transaksi. Mengenai cara bayar BPJS lewat Mobile Banking BRI selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Banking BRI

BRIMO merupakan aplikasi Mobile Banking resmi yang diluncurkan oleh BRI untuk para nasabahnya. Aplikasi ini dihadirkan untuk lebih mempermudah para nasabah untuk melakukan transaksi secara online hanya melalui perangkat HP. Di dalamnya pun disediakan banyak sekali fitur dan layanan yang pastinya sangat berguna bagi nasabah.

Salah satunya adalah layanan untuk pembayaran berbagai macam jenis tagihan, termasuk tagihan BPJS Kesehatan. Pembayaran tagihan BPJS di Mobile Banking BRI atau BRIMO terbilang mudah dan praktis, bahkan prosesnya sangat cepat. Sekarang kita tidak perlu lagi capek-capek keluar rumah dan antre untuk sekedar pembayaran tagihan tersebut.

Sebelum mulai melakukan pembayaran BPJS Kesehatan, pastikan kamu telah memasang aplikasi BRIMO di HP. Selain itu, akun BRIMO sudah diaktivasi sehingga nantinya bisa digunakan untuk bertransaksi secara online. Adapun cara bayar BPJS lewat Mobile Banking BRI atau BRIMO selengkapnya, sebagai berikut:

Langkah 1. Siapkan Kode Pembayaran + Nomor Iuran BPJS Kesehatan

Penting untuk mengetahui kode pembayaran dan nomor iuran BPJS Kesehatan yang nantinya akan digunakan untuk pembayaran tagihan via BRIMO. Adapun kode pembayaran BPJS Kesehatan tersebut yakni 88888. Kode pembayaran ini nantinya harus kamu gabungkan dengan Nomor BPJS Kesehatan yang berjumlah 11 digit angka.

Sebagai contohnya, misalnya nomor BPJS Kesehatan yang ingin kamu bayar tagihannya adalah 12345678901. Maka jika digabung dengan kode pembayaran BPJS Kesehatan menjadi 8888812345678901.

Langkah 2. Melakukan Pembayaran Tagihan BPJS Kesehatan di BRIMO

  1. Langkah yang pertama kamu hidupkan data seluler di HP.
  2. Sekarang buka aplikasi BRIMO yang sudah kamu install.
  3. Pada halaman login akun, kamu masukkan username dan password akun BRIMO milikmu. Kemudian klik tombol Masuk untuk mulai masuk ke dalam akun.
  4. Akan ditampilkan halaman utama aplikasi, selanjutnya kamu klik pada menu Fitur Lainnya.
  5. Kemudian cari dan pilih layanan BPJS dan pilih opsi Pembayaran Baru.
  6. Pada bagian Jenis BPJS, kamu pilih BPJS Kesehatan.
  7. Sekarang masukkan Kode Iuran BPJS Kesehatan yang sudah disiapkan tadi pada bagian kolom Nomor BPJS. Pastikan kamu memasukkan kode atau nomor BPJS dengan benar.
  8. Kalau sudah, sekarang klik tombol Lanjut.
  9. Konfirmasi pembayaran BPJS dengan memasukkan PIN BRIMO milikmu dan klik tombol Kirim sekali lagi. Tunggu beberapa saat, nantinya di sana akan ditampilkan bukti pembayaran tagihan BPJS telah berhasil. Kamu bisa mencetak atau menyimpannya sebagai bukti transaksi.

Kode pembayaran di atas digunakan untuk pembayaran tagihan BPJS Kesehatan tanpa keterlambatan. Sementara untuk kamu yang terlambat membayar tagihan, maka bisa menggunakan kode pembayaran 88881.

Itulah tadi cara bayar BPJS lewat Mobile Banking BRI di HP android yang mudah bisa kalian terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya.